1.                  LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi komputer saat ini sangat pesat, yang di ikuti dengan semakin berkembangnya kebutuhan –kebutuhan manusia dengan alat bantu teknologi komputer. Hal tersebut dibuktikan komputer tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dikantor-kantor, akan tetapi fungsi komputer juga berkembang sebagai sarana pembelajaran yang sangat di butuhkan. Sebagai contoh pembelajaran secara interaktif.

Teknologi merupakan alat bantu komunikasi yang sangat penting.  Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda, agar antar siswa dapat berkomunikasi  dengan baik dalam kegiatan belajar disekolah, maka ditetapkan lah teknik informasi dan komunikasi  sebagai salah satu alat bantu dalam media pembelajaran anak SMP(sekolah menengah pertama). Berdasarkan dari hasil observasi awal di SMP (sekolah menengah pertama) tersebut masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, akibatnya hasil penguasan konsep yang dicapai dari pembelajaran konvensional cukup rendah, maka penulis berinisiatif untuk membuat panduan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menarik agar siswa-siswi di SMP tersebut dengan mudah mempelajari mata pelajaran TIK.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut , maka penulis berinisiatif untuk membuat panduan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menarik. Salah satu program aplikasi yang dapat membantu perancangan media pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini adalah macromedia flash, karena dengan macromedia flash dapat dibuat suatu panduan belajar untuk pembelajaran yang lebih praktis , sehingga muda untuk dipahami dan dipelajari. Dengan melihat kenyataan diatas, maka penulis mengambil bidang ini dalam skripsi yang berjudulPERANCANGAN APLIKASI SISTEM PEMBELAJARAN PADA SMPN 14 KOTA JAMBI” (Studi Kasus : SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 14 kota Jambi).


2.                  PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskanlah masalah-masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana merancang suatu panduan belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk dipahami dalam pembelajaran.
2.      Bagaimana meningkatkan kemampuan anak-anak, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

3.                  BATASAN MASALAH
            Dalam merancang panduan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini, maka penulis memberikan batasan masalah, adapun batasan masalah tersebut yaitu:
1.      Hanya menfokuskan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada siswa-siswi yang masih duduk dibangku kelas 1 SMP (Sekolah Menengah Pertama), khususnya pada sejarah teknologi informasi dan komunikasi, manfa’at teknologi informasi dan komunikasi, dampak teknologi informasi dan komunikasi, tujuan teknologi informasi dan komunikasi, serta  pengenalan media perangkat komputer dan cara pengoperasian.
2.      Hanya menfokuskan pada media pembejaran yang berbasis multimedia, dengan menggunakan program Macromedia Flash.
3.       dan software pendukung lainnya, yang mempunyai kemampuan animasi yang menarik.

4.                  TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

1                  Tujuan Penelitian
 Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah :
1.      Merancang suatu aplikasi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa-siswi SMP (Sekolah Menengah Pertama)  agar dapat lebih cepat dalam menyerap pembelajaran, khususnya belajar teknologi informasi dan komunikasi, karena materi yang disampaikan menggunakan audio visual.
2.      Membantu memudahkan pengenalan perangkat komputer dan cara pengoperasiannya.
3.      Menarik minat siswa-siswi untuk belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

2                  Manfaat Penelitian
 Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam perancangan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi adalah:
1.      Membantu siswa-siswi dalam mempelajari teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
2.      Pengenalan perangkat computer dan pengoperasiannya kepada siswa-siswi yang belum pernah menggunakan komputer.
3.      Dengan metode pembelajaran menggunakan computer anak-anak diharapkan lebih menyukai materi pembelajaran khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi

5.                  METODE PENELITIAN
Dalam merancang program, penulis menggunakan beberapa metode penulisan antara lain:

1        Penelitian Lapangan (Field Research)
a      Penelitian lapangan (Observasi)
Metode ini disebut juga dengan penelitian langsung, karena objek yang akan diteliti adalah SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 14 kota Jambi.
b     Tanya jawab (Interview)
Dengan metode ini penulis menggajukan beberapa pertanyaan kepada kepala sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 14 kota Jambi, dan guru-guru yang mengajar di SMP tersebut, mengenai hal-hal apa saja yang dapat diajarkan kepada siswa-siswi SMP dan bagaimana pengajaran yang dipakai SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 14 kota Jambi.
2        Penelitian Pustaka (Library Research)
Penulis mengumpulkan sumber pustaka yang berhubungan dengan bahasa pemograman, seperti macromedia flash, serta artikel-artikel maupun buku-buku, yang berhubungan dengan penulisan rancangan ini
3        Penelitian Laboratorium(Laboratory Research)
Pada metode ini penulis melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian program pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi ini, dengan menggunakan computer. Spesifikasi computer yang digunakan antara lain :

a      Hardware, terdiri dari:
Processor : AMD Athlon X2 prossesor P 320 (2.1 GHz)
RAM : 1GB
Hardisk : 320 GB
Monitor : LCD 14 inci
b     Software, terdiri dari:
System Operasi: Microsoft Windows 7 Ultimate
Program : Macromedia flash 8 dan Adobe Photoshop CS 4 


 6.      JADWAL PENELITIAN
No.
Kegiatan
Bulan
April
Mei
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1
Mempelajari Literatur
















2
Pengumpulan Data dan Informasi
















3
Perancangan dan Analisa Sistem
















4
Pembuatan Laporan
















5
Sidang Skripsi




















DAFTAR PUSTAKA
Dhani Yudhiantoro. Panduan Lengkap Macromedia Flash MX. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Uji Saputro. 2008. Teknologi informasi dan komunikasi 1 SMP/MTs .
         Jakarta : PT. Bumi Aksara
Fairuz NH. 2007. Terampilal Menggunakan TIK.
         Jakarta : Geneca Exact