1.
LATAR
BELAKANG
Perkembangan
teknologi komputer
saat ini sangat pesat, yang di ikuti dengan semakin berkembangnya kebutuhan
–kebutuhan manusia dengan alat bantu teknologi komputer. Hal tersebut dibuktikan komputer tidak hanya digunakan untuk
menyelesaikan pekerjaan dikantor-kantor, akan
tetapi fungsi komputer
juga berkembang sebagai sarana pembelajaran yang sangat di butuhkan. Sebagai
contoh pembelajaran secara interaktif.
Teknologi merupakan alat bantu
komunikasi yang sangat penting. Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda, agar antar siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam kegiatan belajar disekolah,
maka ditetapkan lah teknik
informasi dan komunikasi sebagai salah satu alat bantu dalam media pembelajaran anak SMP(sekolah
menengah pertama). Berdasarkan dari hasil observasi awal di SMP (sekolah menengah pertama)
tersebut masih menggunakan pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah, akibatnya hasil penguasan konsep yang
dicapai dari pembelajaran konvensional cukup rendah, maka penulis berinisiatif untuk membuat panduan
pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menarik agar
siswa-siswi di SMP tersebut dengan mudah mempelajari mata pelajaran TIK.
Untuk
mengatasi permasalahan tersebut , maka penulis berinisiatif untuk membuat
panduan pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) yang menarik. Salah satu program
aplikasi yang dapat membantu perancangan media pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
ini adalah macromedia flash, karena dengan macromedia flash dapat dibuat suatu
panduan belajar untuk pembelajaran yang lebih praktis , sehingga muda untuk
dipahami dan dipelajari. Dengan melihat kenyataan diatas, maka penulis
mengambil bidang ini dalam skripsi yang berjudul “PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PEMBELAJARAN
PADA SMPN 14 KOTA JAMBI” (Studi
Kasus : SMP
(Sekolah Menengah Pertama)
Negeri 14 kota Jambi).
2.
PERUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka dirumuskanlah masalah-masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana
merancang suatu panduan belajar teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) untuk dipahami dalam pembelajaran.
2. Bagaimana
meningkatkan kemampuan anak-anak, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
3.
BATASAN
MASALAH
Dalam merancang panduan pembelajaran
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini,
maka penulis memberikan batasan masalah, adapun batasan masalah tersebut yaitu:
1. Hanya
menfokuskan pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) kepada siswa-siswi yang masih duduk
dibangku kelas 1 SMP (Sekolah Menengah Pertama), khususnya pada sejarah teknologi informasi dan komunikasi, manfa’at
teknologi informasi dan komunikasi, dampak teknologi informasi dan komunikasi, tujuan
teknologi informasi dan komunikasi, serta
pengenalan media perangkat komputer dan cara pengoperasian.
2. Hanya
menfokuskan pada media pembejaran yang berbasis multimedia, dengan menggunakan
program Macromedia Flash.
3. dan software pendukung lainnya, yang mempunyai
kemampuan animasi yang menarik.
4.
TUJUAN
DAN MANFAAT PENELITIAN
1
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini
adalah :
1. Merancang
suatu aplikasi pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi untuk siswa-siswi SMP (Sekolah Menengah Pertama) agar dapat lebih cepat dalam menyerap
pembelajaran, khususnya belajar teknologi
informasi dan komunikasi, karena materi yang disampaikan
menggunakan audio visual.
2. Membantu
memudahkan pengenalan perangkat
komputer dan cara pengoperasiannya.
3. Menarik
minat siswa-siswi untuk belajar
teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
2
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam
perancangan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
adalah:
1. Membantu
siswa-siswi dalam mempelajari teknologi informasi dan
komunikasi (TIK).
2. Pengenalan
perangkat computer
dan pengoperasiannya kepada siswa-siswi yang belum pernah
menggunakan komputer.
3. Dengan
metode pembelajaran menggunakan computer anak-anak diharapkan lebih menyukai
materi pembelajaran khususnya dibidang
teknologi informasi dan komunikasi
5.
METODE
PENELITIAN
Dalam
merancang program, penulis menggunakan beberapa metode penulisan antara lain:
1
Penelitian Lapangan (Field Research)
a Penelitian lapangan (Observasi)
Metode
ini disebut juga dengan penelitian langsung, karena objek yang akan diteliti
adalah SMP
(Sekolah Menengah Pertama)
Negeri 14 kota Jambi.
b Tanya jawab (Interview)
Dengan
metode ini penulis menggajukan beberapa pertanyaan kepada kepala sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 14 kota Jambi, dan guru-guru yang mengajar
di SMP tersebut,
mengenai hal-hal apa saja yang dapat diajarkan kepada siswa-siswi SMP dan bagaimana
pengajaran yang dipakai SMP
(Sekolah Menengah Pertama)
Negeri 14 kota Jambi.
2
Penelitian Pustaka (Library Research)
Penulis
mengumpulkan sumber pustaka yang berhubungan dengan bahasa pemograman, seperti
macromedia flash, serta artikel-artikel maupun buku-buku, yang berhubungan
dengan penulisan rancangan ini
3
Penelitian Laboratorium(Laboratory Research)
Pada
metode ini penulis melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian program
pembelajaran teknologi informasi
dan komunikasi ini, dengan menggunakan computer.
Spesifikasi computer yang digunakan antara lain :
a Hardware, terdiri dari:
Processor
: AMD Athlon X2 prossesor P 320
(2.1 GHz)
RAM
: 1GB
Hardisk
: 320
GB
Monitor
: LCD 14
inci
b Software, terdiri dari:
System Operasi: Microsoft Windows 7 Ultimate
Program : Macromedia flash 8 dan Adobe
Photoshop CS 4
6.
JADWAL PENELITIAN
No.
|
Kegiatan
|
Bulan
|
|||||||||||||||
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1
|
Mempelajari
Literatur
|
||||||||||||||||
2
|
Pengumpulan
Data dan Informasi
|
||||||||||||||||
3
|
Perancangan
dan Analisa Sistem
|
||||||||||||||||
4
|
Pembuatan
Laporan
|
||||||||||||||||
5
|
Sidang
Skripsi
|
DAFTAR PUSTAKA
Dhani Yudhiantoro. Panduan Lengkap Macromedia Flash MX. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Uji Saputro. 2008. Teknologi informasi dan komunikasi 1 SMP/MTs .
Jakarta : PT. Bumi Aksara
Fairuz NH. 2007. Terampilal Menggunakan TIK.
Jakarta : Geneca Exact
0 Comments