JENIS - JENIS KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSINYA

Selamat pagi rekan – rekan sekalian dimanapun anda berada salam sejahtera untuk kita semua pada penulisan kali ini saya akan membahas tentang “ JENIS – JENIS KOMPUTER” lanjutan dari materi yang kemarin perangkat lunak dan perangkat keras komputer bisa anda lihat di daftar isi blog saya.

Pada zaman sekarang komputer merupakan suatu barang yang tidak asing lagi pada saat ini, karena sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pada saat ini komputer ada banyak macamnya dan beragam jenisnya. Komputer sendiri sudah menjadi bagian dari pada kehidupan khususnya pada masyarakat golongan menengah keatas. Jika dahulu komputer hanya digunakan sebagai alat untung menghitung namun berbeda dengan saat ini komputer sudah bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus atau yang sering kita sebut dengan “MULTITASKING”.

Komputer sendiri pada dasarnya adalah alat yang dipakai untuk mengolah data atau memanipulasi data menurut sistem algoritma bahasa pemograman yang telah dirumuskan oleh para pembuatnya itu sendiri.

Berdasarkan tugas – tugasnya komputer dibedakan berdasarkan beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

a.     Komputer super (Superkomputer)
Superkomputer ini digunakan untuk menampung dan memproses data dalam jumlah yang besar serta mampu melaksanakan tugas – tugas yang tidak dapat dilakukan oleh komputer yang berskala kecil. Komputer jenis ini biasa digunakan oleh server – server internet pada negara – negara maju untuk menggerakkan satelite untuk keperluan militer dan sebagainya. Super komputer diperkenalkan pada tahun 1960-an dan didesain oleh seymor cray dicontrol data corporation (CDC) yang memimpin pasar pada tahun 1970-an.




b.     Mainframe Computer (Komputer bingkai)
Mainframe komputer adalah komputer yang prosessornya mempunyai kemampuan sangat besar, karena penggunanya yang ingin memiliki komputer yang lebih cepat dan canggih didalam memproses data, komputer jenis ini juga bersifat (Multiuser) dan (Multitasking).  Komputer jenis ini terdapat pada perusahan – perusahan berskala besar dan digunakan untuk melayani data – data publik yang berskala massal, biasanya digunakan untuk perusahaan telekomunikasi dalam melayani konsumennya. Mainframe komputer juga sering digunakan untuk keprluan militer.




c.      Komputer mikro (Micro Computer )
Komputer mikro adalah sebuah komputer yang menggunakan prossessor mikro sebagai alat pemrosesan utamanya atau sering kita sebut dengan personal computer (PC). Komputer mikro yang diletakkan diatas meja dinamakan Desktop Computer sedangkan yang sering kita bawa kemana – mana dinamakan dengan Laptop. PC dan laptop sendiri pada saat ini ada banyak sekali jenisnya mulai dari yang harga sedang sampai yang harganya tinggi sesuai dengan kapasitas yang akan kita gunakan.




Nah rekan – rekan sekalian itulah informasi yang bisa saya berikan saat ini semoga bermanfaat. Jika ada kata yang kurang berkenan penulis mohon ma,af sekian dan terimakasih.






Post a Comment

0 Comments