TIPS DAN TRIK MENJADI HAFIDZ AL-QUR’AN





Sahabat blog dimanapun anda berada kali ini penulis akan membahas seputar tentang islam yaitu bagaimana cara menghafal Al-Qur’an dengan baik dan membuahkan hasil yang baik pula. Sebagai umat islam yang baik tentunya anda pasti tahu dong dengan Al-Qur’an yang merupakan kitab suci bagi umat islam sebagai pedoman dan petunjuk hidup dunia dan akhirat.


Bagi para pecinta Al-Qur’an tentunya kita sebagai umat muslim harus bisa membaca, memahami isi kandungan kitab suci tersebut. Disini kita akan membahas tips dan trik menghafal Al-Qur’an.  Al-Qur’an sangat baik dibacakan ketika ibunda yang sedang mengandung diwaktu umur kandungannya berusia 4 bulan. Diusia 4 bulan tersebut ruh sudah mulai ditiupkan ke jasad sehingga calon bayi sudah bisa mendengar apa yang dibacakan atau didengarnya dari dunia luar.

TIPS atau metode membaca Al-Qur’an biar lebih paham sebagai berikut:

1.   Membaca artinya terlebih dahulu agar kita paham apa yang kita baca kandungan isi daripada Al-Qur’an.
2.    Menghafal, menghafal merupakan suatu metode yang dipakai para qori dan qoriah, cara menghafal yaitu dibaca berulang – ulang kali sampai hafal.
3. Melancarkan hafalan, dalam metode ini hafalan Al-Qur’an harus dilancarkan dengan cara mendengarkan dan membacanya berulang ulang kali juga.
4.       Murojaah, metode yang digunakan para hafidz dalam mengingat kembali hafalan yang di hafalkan.
Selain metode diatas jika ingin anak – anak kita berhasil didalam usaha mereka untuk menjadi seorang hafidz Al-Qur’an tentunya peran orang tua sangat penting sekali. Dengan diawali dengan paksaan yang baik supaya anak mau belajar membaca, menghafal Al-qur’an dengan baik dan benar.
Meminta petunjuk kepada orang yang ahli juga sangat penting seperti para hafidz Al-Qur’an yang lebihdahulu, untuk menjaga hafalan Qur’an mereka biasanya para hafidz melakukan metode murojaah.

Menurut Ananda ROYAN ABDULLAH BAIDAWI Seorang anak Hafidz Qur’an dalam acara talk show yang di adakan oleh SMP IT CENDIKIA RABBANI beberapa waktu yang lalu dirimbo bujang tepatnya di aula sari raos ia mengatakan tekniknya dalam menghafal Al-Qur’an yaitu ada 3 teknikdiantaranya :

1.      Hafalan Hidup, yaitu hafalan yang dilakukan misalnya sambal memasak.
2.      Hafalan mati, yaitu hafalan yang dilakukan dari awal ayat sampai akhir ayat Al-Qur’an yang dihafal setiap hari.
3.     Hafalan Istiqomah, maksudnya adalah hafalan ini harus dengan niat dan tekad yang kuat agar hasil pencapainnya bisa maksimal contoh setiap hari murojaah 5 jus, menghafal satu hari minimal 1 lembar  atau lebih itu dilakukan setiap harinya.
Sahabat blog sekalian selain daripada metode dan Teknik menghafal Al-Qur’an ada lagi keutamaan menghafal Al-Qur’an , keutamaan ini dibagi menjadi yaitu :

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an didunia :

1. Mendapatkan ketenangan, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an kehidupannya akan menjadi tenang baik dalam kehidupan rumah tangga maupun diluar.
2. Kehidupan kita lebih baik, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an kehidupannya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
3.   Rizkinya tak terhingga, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an rizkinya akan menjadi berlimpah seba berkecukupan.
4.    Baca Al-Qur’an didunia bernilai ibadah, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang tak terhingga dan ditempatkan ditempat surga yang terbaik disisi Allah SWT.

Keutamaan maneghafal Al-Qur’an di akhirat :

1. Mendapatkan Naungan, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an akan mendapatkan naungan di padang maghsyar kelak ketika hari pembalasan tiba.
2.  Memberikan alasan terbaik, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an akan dibela oleh Al-Qur’an tersebut ketika hari pembalasan.
3.   Mendapatkan derajat tertinggi, seseorang yang sering membaca atau menghafalkan Al-Qur’an akan mendapatkan derajat tertinggi disisi Allah SWT, semakin banyak hafalan dan bacaannya  maka orang tersebut derajatnya akan semakin naik.

Nah sobat sekalian itulah beberapa tips yang bisa penulis berikan, jika ada kata yang salah penulis mohon maaf, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Bagi para pembaca yang dermawan SMP IT CENDEKIA RABBANI saat ini membutuhkan dana untuk pembebasan lahan jika anda berniat ingin berwaqaf permeternya hanya 15000 ribu saja silahkan hubungi nomor dibawah ini  : 

Kontak Person : 

Ustad Syuhar Syahid Jalaludin, S.Pd.I
(Ketua Yasasan)

Nomor HandPhone : 0823 7762 7727

SMP IT CENDEKIA RABBANI ini adalah SMP yang akan menciptakan para hafidz Al-Qur'an dikawasan kabupaten tebo dan sekitarnya.  












Post a Comment

0 Comments