MATERI DESAIN GRAFIS PERCETAKAN 25 JULI 2020 (SEJARAH DESAIN GRAFIS)



Assalamualaikum siswa dan siswi SMK Negeri 6 Tebo sekalian pada hari ini kita akan membahas materi DESAIN GRAFIS PERCETAKAN dalam Sub BAB SEJARAH DESAIN GRAFIS. Sejarah desain grafis sebagai media komunikasi sudah dikenal sejak masa prasejarah dan hampir setua peradaban manusia. Hal ini dapat dilihat pada jaman paleolithicum digua Lascaux, Prancis, Selatan, yang banyak ditemukan gambar – gambar binatang dan manusia prasejarah. 

Lambang (aksara/tulisan) dipakai sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia±1000 SM dengan menggunakan 22 huruf, lalu disempurnakan oleh bangsa Yunani±400 SM yakni dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf hidup. Hal ini membuatkerajaan Romawi menjadi lebih jaya di abad pertama dengan berhasilnya menaklukkanYunani, dan membawa peradabban yang baru dalam sejarah Barat dengandiadaptasikannya segala kesastraan, kesenian, agama serta alphabet Latin yang dibawadari Yunani. Pada saat itu bangsa Romawi menetapkan alphabet dari Yunani tersebut menjadi 21 huruf (A,B,C,D,E,F,G,H,I,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,V dan X), kemudian ditambahkan lagi huruf Y dan Z dalam alphabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Kemudian ditambahkan lagi tiga huruf yakni J, U dan W yang dimasukkan pada abad pertengahan hingga akhirnya jumlah dari keseluruhan alphabetLatin adalah sebanyak 26 huruf.

Perkembangan cetak mencetak dimulai pada abad ke 15 dengan ditemukannya mesin alat cetak oleh johanes Gutenberg (1398-1468) di jerman. Pada tahun 1455 di mainz jerman.

Untuk melihat video materi pembelajaran silahkan Klik link Video dibawah ini :


Post a Comment

0 Comments